BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak hal
baik siswa, guru, masyarakat, pemerintah maupun yang lainnya. Salah satunya
adalah bagaimanaa siswa dalam pelajaran MATEMATIKA terutama dalam pemahaman
kosep melalui kinerja MATEMATIKA.
Di sekolah dasar sudah diperkenalkan beberapa konsep
MATEMATIKA walaupun masih sederhana dan terbatas sesuai dengan tingkatan
perkembangan siswa.
Untuk menumbuhkan kreatifitas, siswa diberi tugas
membuat atau merancang alat percobaan yang sederhana.
B.
Alasan
Pemilihan Judul
Alasan pemilihan
judul adalah sebagai berikut :
1.
Rancangan dan proses pembuatannya tidak
begitu sulit.
2.
Peralatan dan bahan – bahan yang
diperlukan dalam pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 banyak terdapat
disekitar lingkungan sekkolah dan rumah sehingga mudah dalam proses
pembuatannya.
C.
Tujuan
Dalam pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 ini
mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahu konsep MATEMATIKA dengan
Jari Matika Perkalian 11 – 15.
2.
Untuk membuktikan kebenaran beberapa
konsep MATEMATIKA dalam Jari Matika Perkalian 11 – 15.
D.
Manfaat
Manfaat pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 ini
adalah sebagai berikut :
1.
Untuk memperkarya khasanah pengetahuan
tentang kinerja MATEMATIKA khususnya dan ilmu yang lain pada umumnya.
2.
Sebagai alat kinerja atau alat peraga
dalam pembelajaran MATEMATIKA.
BAB II
TEKNIK PEMBUATAN
A.
Alat dan Bahan
Dalam desain Jari Matika Perkalian
11 – 15, cukup sederhana dimana bahan – bahan yang digunakan adalah dari bahan
kertas.
1. Bahan
Bahan yang dibutuhkan:
Ø Kertas
asturo 5 lembar, karton 1 lembar, buffalo 10 lembar, papan
Ø Isolasi
besar, lem glukol
2. Alat
Alat yang digunakan adalah :
Ø Gunting
Ø Penggaris
Ø Penghapus
Ø Pensil
Ø Pisau
B.
Cara Pembuatan
1. Kita
potong kertas buffalo dengan ukuran 10 x 12 cm sebanyak 20 buah, dan ukuran 8 x
10 sebanyak 20 kemudian kita tulis kertas – kertas tersebut dengan angka 1
sampai 5 yang masing – masing angkanya berjumlah 4 buah. Setelah itu, kita buat
kantong – kantong dari kertas, kantong ini dibuat dengan cara melipat kertas
membentuk seperti kantong yang pada bagian tengah di beri lubang segi empat (10
cm x 12 cm sebanyak 4 buah, 8cm x 10 cm sebanyak 10 buah). Kantong – kantong
ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan angka – angka.
2. Kemudian
kita buat gambar tangan kita sebanyak 2 buah kanan dan kiri.
3. Kemudian
karena kinerja Matematika ini membahas tentang perkalain maka kita buat tanda
perkalaian (X) sebanayak 3 buah, tanda penjumlahan (+) sebanyaak 2 buah dan tanda
sama dengan (=) sebanyak 2 buah.
4.
5. Kemudian,
kita buat Jari Matika Perkalian 11 – 15 dimana gambar tangan, kantong – kantong
ukuran 8 x 10 cm, 1 tanda perkalain dan 1 tanda sama dengan di susun.
6. Setelah
langkah – langkah itu sudah dilaksanakan, maka alat kinerja Matematika selesai
dibuat.
BAB III
CARA KERJA DAN KOSEP MATEMATIKA
A. Cara Kerja
Cara
kerja Jari Matika Perkalian 11 – 15 adalah sebagai berikut :
1.
kita tentukan soal perkalian 11 – 15 (
misal : 11 x 14 =). Perlu diingat bahwa 1 kantong diisi oleh 1 angka, maka
terlihat pada gambar di bawah :
2.
yang harus diingat pada jari matika
perkalian 11 – 15 adalah nilai – nilai pada jari tangan sebagai berikut :
a. jari
kelingking nilainya 11
b. jari
manis nilainya 12
c. jari
tengah nilainya 13
d. jari
telunjuk nilainya 14
e. ibu
jari nilainya 15
3. Posisi
awal tangan menggenggam, karena soalnya adalah 11 x 14 maka :
ü tangan
kanan membuka jari kelingking dan tangan kiri membuka jari kelingking, manis,
tengah dan telunjuk.
ü Awalnya
kita mempunyai 100 kemudian tangan kanan jari yang dibuka 1 dan tangan kiri 4
jumlahnya 5 dan dijadikan puluhan jadi 50.
ü Tangan
kana nada 1 jari yang dibuka, kiri ada 4 jari yang dibuka maka 1 dikali 4
hasilnya 4
ü Kita
mempunyai 100, 50, dan 4 maka 100 + 50 + 4 = 154
ü Jadi
hasil dari 11 x 14 = 154
B.
Konsep Matematika
Seorang pasien
di beri 24 kapsul oleh dokter dan dalam bungkus tertulis 3 x 2 sehari, ini
dimaksudkan agar pasien tersebut minum obat setiap hari tiga kali minum dua
kapsul (pagi 2, siang 2 dan sore 2), karena sehari 6 kapsul maka pasien akan
menghabiskan obat selama 4 hari.
Sehingga dari 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6
4 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6 = 24
Perhatikan bentuk perkalian berikut
:
……………………………………………
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari penjelasan tersebut di atas
dapat penulis simpulkan sebagai berikut :
1. Jari
Matika Perkalian 11 – 15 dapat mempercepat menyelesaikan soal perkalian.
2. Jari
Matika Perkalian 11 – 15 dapat menambah pengetahuan dan sebagai pembuktian
kebenaran beberapa konsep MATEMATIKA.
3. Jari
Matika Perkalian 11 – 15 dapat digunakan sebagai salah satu alat kinerja atau
alat peraga dalam pembelajaran MATEMATIKA di sekolah dasar. Selain mudah cara
membuatnya, alat dan bahan – bahannya banyak terdapat di sekitar lingkuran
kita, sehingga menumbuhkan kreativitas dan pelajaran MATEMATIKA pun mudah
dimengerti dan dipahami.
B.
Saran
1. Tak
ada gading yang tak retak, kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih
jauh dari sempurna.
2. Ada
beberapa saran yang perlu disampaikan antara lain : dalam penggunaan bahan –
bahan untuk membuat Jari Matika Perkalian 11 – 15 sebaiknya menggunakan bahan
yang bervariasi sehingga akan didapat hasil yang lebih baik lagi.
3. Semoga
isi dalam makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Dan pada akhirnya terwujud
cita – cita dan tujuan yang kita harapkan.
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar