Sabtu, September 26, 2015

JARI MATIKA PERKALIAN 11-15

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak hal baik siswa, guru, masyarakat, pemerintah maupun yang lainnya. Salah satunya adalah bagaimanaa siswa dalam pelajaran MATEMATIKA terutama dalam pemahaman kosep melalui kinerja MATEMATIKA.
Di sekolah dasar sudah diperkenalkan beberapa konsep MATEMATIKA walaupun masih sederhana dan terbatas sesuai dengan tingkatan perkembangan siswa.
Untuk menumbuhkan kreatifitas, siswa diberi tugas membuat atau merancang alat percobaan yang sederhana.

B.       Alasan Pemilihan Judul
Alasan pemilihan judul adalah sebagai berikut :
1.         Rancangan dan proses pembuatannya tidak begitu sulit.
2.         Peralatan dan bahan – bahan yang diperlukan dalam pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 banyak terdapat disekitar lingkungan sekkolah dan rumah sehingga mudah dalam proses pembuatannya.

C.      Tujuan
Dalam pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.         Untuk mengetahu konsep MATEMATIKA dengan Jari Matika Perkalian 11 – 15.
2.         Untuk membuktikan kebenaran beberapa konsep MATEMATIKA dalam Jari Matika Perkalian 11 – 15.

D.      Manfaat
Manfaat pembuatan Jari Matika Perkalian 11 – 15 ini adalah sebagai berikut :
1.         Untuk memperkarya khasanah pengetahuan tentang kinerja MATEMATIKA khususnya dan ilmu yang lain pada umumnya.
2.         Sebagai alat kinerja atau alat peraga dalam pembelajaran MATEMATIKA.



















BAB II
TEKNIK PEMBUATAN

A.   Alat dan Bahan
Dalam desain Jari Matika Perkalian 11 – 15, cukup sederhana dimana bahan – bahan yang digunakan adalah dari bahan kertas.
1. Bahan
Bahan yang dibutuhkan:
Ø Kertas asturo 5 lembar, karton 1 lembar, buffalo 10 lembar, papan
Ø Isolasi besar, lem glukol
2. Alat
Alat yang digunakan adalah :
Ø  Gunting
Ø  Penggaris
Ø  Penghapus
Ø  Pensil
Ø  Pisau

B.   Cara Pembuatan
1.    Kita potong kertas buffalo dengan ukuran 10 x 12 cm sebanyak 20 buah, dan ukuran 8 x 10 sebanyak 20 kemudian kita tulis kertas – kertas tersebut dengan angka 1 sampai 5 yang masing – masing angkanya berjumlah 4 buah. Setelah itu, kita buat kantong – kantong dari kertas, kantong ini dibuat dengan cara melipat kertas membentuk seperti kantong yang pada bagian tengah di beri lubang segi empat (10 cm x 12 cm sebanyak 4 buah, 8cm x 10 cm sebanyak 10 buah). Kantong – kantong ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan angka – angka.
2.    Kemudian kita buat gambar tangan kita sebanyak 2 buah kanan dan kiri.
3.    Kemudian karena kinerja Matematika ini membahas tentang perkalain maka kita buat tanda perkalaian (X) sebanayak 3 buah, tanda penjumlahan (+) sebanyaak 2 buah dan tanda sama dengan (=) sebanyak 2 buah.
4.   
Kemudiaan kita susun kantong – kantong kertas sebagai kotak soal yang ada menjadi seperti gambar di bawah ini :
 




5.    Kemudian, kita buat Jari Matika Perkalian 11 – 15 dimana gambar tangan, kantong – kantong ukuran 8 x 10 cm, 1 tanda perkalain dan 1 tanda sama dengan di susun.
6.    Setelah langkah – langkah itu sudah dilaksanakan, maka alat kinerja Matematika selesai dibuat.











BAB III
CARA KERJA DAN KOSEP MATEMATIKA

A. Cara Kerja
Cara kerja Jari Matika Perkalian 11 – 15 adalah sebagai berikut :
1.        kita tentukan soal perkalian 11 – 15 ( misal : 11 x 14 =). Perlu diingat bahwa 1 kantong diisi oleh 1 angka, maka terlihat pada gambar di bawah :
2.        yang harus diingat pada jari matika perkalian 11 – 15 adalah nilai – nilai pada jari tangan sebagai berikut :
a.    jari kelingking nilainya 11
b.    jari manis nilainya 12
c.    jari tengah nilainya 13
d.   jari telunjuk nilainya 14
e.    ibu jari nilainya 15
3.    Posisi awal tangan menggenggam, karena soalnya adalah 11 x 14 maka :
ü tangan kanan membuka jari kelingking dan tangan kiri membuka jari kelingking, manis, tengah dan telunjuk.
ü Awalnya kita mempunyai 100 kemudian tangan kanan jari yang dibuka 1 dan tangan kiri 4 jumlahnya 5 dan dijadikan puluhan jadi 50.
ü Tangan kana nada 1 jari yang dibuka, kiri ada 4 jari yang dibuka maka 1 dikali 4 hasilnya 4
ü Kita mempunyai 100, 50, dan 4 maka 100 + 50 + 4 = 154
ü Jadi hasil dari 11 x 14 = 154

B. Konsep Matematika
Seorang pasien di beri 24 kapsul oleh dokter dan dalam bungkus tertulis 3 x 2 sehari, ini dimaksudkan agar pasien tersebut minum obat setiap hari tiga kali minum dua kapsul (pagi 2, siang 2 dan sore 2), karena sehari 6 kapsul maka pasien akan menghabiskan obat selama 4 hari.
Sehingga dari 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6
4 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6 = 24
Perhatikan bentuk perkalian berikut :
……………………………………………














BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari penjelasan tersebut di atas dapat penulis simpulkan sebagai berikut :
1.      Jari Matika Perkalian 11 – 15 dapat mempercepat menyelesaikan soal perkalian.
2.      Jari Matika Perkalian 11 – 15 dapat menambah pengetahuan dan sebagai pembuktian kebenaran beberapa konsep MATEMATIKA.
3.      Jari Matika Perkalian 11 – 15 dapat digunakan sebagai salah satu alat kinerja atau alat peraga dalam pembelajaran MATEMATIKA di sekolah dasar. Selain mudah cara membuatnya, alat dan bahan – bahannya banyak terdapat di sekitar lingkuran kita, sehingga menumbuhkan kreativitas dan pelajaran MATEMATIKA pun mudah dimengerti dan dipahami.

B. Saran
1.      Tak ada gading yang tak retak, kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna.
2.      Ada beberapa saran yang perlu disampaikan antara lain : dalam penggunaan bahan – bahan untuk membuat Jari Matika Perkalian 11 – 15 sebaiknya menggunakan bahan yang bervariasi sehingga akan didapat hasil yang lebih baik lagi.
3.      Semoga isi dalam makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Dan pada akhirnya terwujud cita – cita dan tujuan yang kita harapkan.




Lampiran


 

Tidak ada komentar: